Bali

Bali
Pulau Bali sering disebut the last paradise of the world berlokasi dan terletak  diantara Lintang selatan 7⁰54” dan 8⁰03” Bujur Timur 144⁰26” dan 115⁰45” Luas Pulau Bali beserta Pulau Nusa Penida dan Pulau kecil yang lainya adalah 5.621 km2. Pulau Bali dapat di capai dengan 4 pelabuhan utama yaitu : Gilimanuk, buleleng, benoa, dan Padang Bai. Gilimanuk adalah pelabuhan penting untuk penghubung Pulau Jawa Dan Pulau Bali dengan kapal motor juga perahu kecil. Sepanjang Pulau Bali membujur pegunungan dri arah Barat hingga ke Timur membagi Pulau bali menjadi dua bagian, yaitu berupa daerah aluvial utara dan daerah aluvial Selatan. Secara grafis pulau Bali berbentuk segitiga dengan lebar ditengah dan menyempit kearah Timur dn Barat. Pembagian curah hujn Pulau Bali dalam waktu satu tahun berdasarkan angka hujn dari Berlage dan penyesuiannya oleh I Made Sandy yang menunjukan bahwa:

"bali"

A.Seluruh pantai di Pulai Bali curah hujan rata-rata tahunanya kurang dari 1500 mm. Makin jauh dari pantai curah hujan makin bertambah.Curah hujan tertinggi terdapat disekitar danau ditengah tengah pulau Bali dan lereng gunung Batur sebelah selatan.

B.Daerah kering disekitar Kintamani dan juga pegunungan ditengah-tengah yang disebabkan  karena terletak pada daerah bayangan hujan.

C.Sebagian besar daerah Pulau Bali terletak diatas 100m dari permukaan laut, mendapatkan hujan rata-rata lebih dari 2000mm setahun

D.Perbedaan dari musim ke musim nampak jelas jika dibandingkan dengan daerah seperti Jawa Barat.Aliran sungai umumnya ke Selatan atau ke utara dengan batas pemisah aliran airnya membujur arah barat dan timur sejalan dengan penyebaran penyebaran pegunungan gunung air yang berjejer ke arah barat dan timur. Sungai yang mengalir ke selatan bersifat permanen dan yang keutara bersifat intermitten dan ephemeral. Ada empat danau kaldera terbesar di daerah ini, yaitu : Danau Batur 47 jua m³, Danau Baratan 27 juta m³ Danau Buyan 31 juta m³ dan Danau Tablingan 9 juta m³. Berdasarkan fisiografinya, Pulau Bali di bagi dalam 5 bagian.

"bali"


1.Daerah Batu Gamping Barat
2.Daerah endapan alluvial Selatan
3.Daerah Selatan Batu Gamping
4.Daerah vulkanik muda, bagian sebelah barat, bagian sebelah selatan, daerah Gunung serayu, lembah Karangasem, Daerah bukit sidedemen
5.Daerah aluvial

"bali"



Zone Selatan Pulau Bali, Daerah selatan Bali sebagian tersusun oleh endapan lahar gunung api yang berumur kwarter, seperti gunung Bratan dan juga Buyan. Selain itu juga ada beberapa tempat seperti Tanah Lot batuanya tersusun oleh breksi, lanau dan batu pasir yang juga merupakan laharik. Pada batu gamping selatan seluruhnya terdiri dari batu gamping karter. Penggunaan Lahan. Persawahan dengan irigasi yang teratur pada daerah endapan alluvial dengan sistem subak. Penggunaan lahan lain tegalan, perumahan dan tambak di pantai timur dari pantai selatan Bali serta wisata. Banyak terdapat tempat peribadatan agama hindu, seperti pura Ulu Watu, Tanah Lot dan Rambut Siwi. Aktifitas penduduk terutama pertanian, berdagang, pengrajin dan jasa wisata.
"bali"

Zone Tengah Pulau Bali, Daerah zone tengah berupa komplek gunung api yang merupakan kelanjutan komplek gunung api muda zone selatan (van Bemmelen, 1948). Pada Zone tengah terdapat sejumlah kerucut gunung api yang terletak pada suatu deretan dengan arah barat daya timur laut. Batuan terdiri dari batuan vulkanik yang berasal dari gunung berapi .Di daerah danau Batur batuanya berumur kwarter, juga terdapat singkapan bantuan tua yang berasal dari gunung api buyan dan Bratan purba. Batuan gunung api ini terdiri dari lava flow, andesit dan breksi. Penggunaan Lahan . Beberapa macam penggunaan lahan yang antara lain adalah: permukiman penduduk, sawah, kebun, hutan dan peternakan. Aktifitas penduduk selain pertanian adalah sebagai pengrajin, pedagang dan jasa (wisata)

Zone Utara Pulau Bali. Pada daerah pantai utara batuannya berasal dari endapan lahar gunung api Buyan dan Bratan yang berumur kwarter disebelah selatan adalah perbukitan dari formasi Asah dengan batuan breksi dan lava berumur Pliosen. Ada pula beberapa endapan aluvium yang berumur kwarter seperti di Pulaki. Disebelah barat terdapat formasi Prapat Agung yang berisi batu gamping utara, formasi ini bertemu dengan formasi palasari yang terdiri dari batu gamping terumbu Geomorfologi utara Bali berupa aluvial pantai dengan kemirinagan antara 0 – 2% dengan arah utara selatan. Di bagian selatan terdiri atas perbukitan dengan ketinggian antara 100-500 meter dengan kemiringan lereng 2-15%. Di daerah Pulaki terdapat patahan arah timur barat yang telah berisi material aluvium. Ada juga perbukitan kapur dengan ketinggian 0-500 meter dan kemiringan 15-40%. Bukit-bukit rendah terdiri dari batuan umur tersier yang berlipat, sering batuan tersier yang sudah tertutup oleh endapan vulkanik muda tersingkap

Penduduk Bali kurang lebih sekitar 4 juta jiwa, dengan mayoritas 92,3% beragama Hindu, agama lainya adalah Islam, Protestan, Budha dan Katolik. Selain dari faktor paiwisata penduduk Bali juga hidup dari pertanian, pedagang, pengrajin,seniman dan bekerja pada sektor jasa  wisata .Bahasa yang digunakan di Pulau Bali adalah Bahasa Bali, Indonesia, dan Bahasa  Inggris, khususnya bagi yang bekerja di sektor pariwisata. Sekian dan semoga bermanfaat